ILUSTRASI. Ilustrasi pajak, tax Amnesty Jakarta (04/14). KABARMAGAZINE/Panji Indra

Reporter: Bidara Pink | Editor: Herlina Kartika Dewi

KABARMAGAZINE.COM – JAKARTA. Pengampunan pajak atau tax amnesty dikabarkan akan kembali digelar. Sumber KABARMAGAZINE menyebut, rencana ini sedang digodok oleh beberapa menteri di bidang ekonomi dan petinggi-petinggi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. 

Ketua Bidang Keuangan dan Perbankan, Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP Hipmi) Ajib Hamdani memandang wacana tersebut masih belum tepat di tengah kondisi saat ini. 

“Momentumnya sedang kurang pas. Orientasi pemerintah dan masyarakat sedang dalam pemulihan ekonomi,” ujar Ajib kepada KABARMAGAZINE.COM, Kamis (4/3). 

Ajib mengatakan, saat menggagas tax amnesty jilid 2 ini, pemerintah harus mempunyai orientasi yang jelas. Tujuan yang ditetapkan untuk pengampunan pajak ini juga harus jelas. 

Baca Juga: Rencana tax amnesty jilid II bergulir, Youtuber dan Influencer jadi sasaran empuk

“Apakah untuk repatriasi dana? Untuk perbaikan database? Atau untuk cleansing tagihan-tagihan pajak yang tertunggak?” tambah Ajib. 

Dengan target yang terukur ini, maka pemerintah bisa membuat arah dan pertimbangan yang jelas, apakah nantinya Tax Amnesty jilid 2 layak untuk dibuat atau tidak. 

Di sisi lain, Ajib juga melihat pemerintah sebenarnya masih punya keleluasaan fiskal maupun monenter sampai tahun 2022 untuk menyusun struktur Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), sehingga pengadaan pengampunan pajak ini masih bisa ditunda. 

Namun, bila nantinya pemerintah tetap akan menyelenggarakan tax amnesty jilid 2, Ajib mengaku Hipmi tetap akan mendukung hal ini. 

“Kalau memang regulasinya dikeluarkan, tentu ini menjadi kesempatan menarik buat para anggota Hipmi ikut program tax amnesty,” tandasnya. 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KABARMAGAZINE Store.





Source link