ILUSTRASI. Ilustrasi jalan tol. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KABARMAGAZINE.COM – JAKARTA. Hari ini, Senin (15/3/2021), bakal dilakukan uji coba rute untuk proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung oleh PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC). 

Uji coba rute akan dilakukan dengan kendaraan pengangkut rel R.60 milik kereta cepat sepanjang 50 meter yang tidak diisi muatan di beberapa ruas jalan tol milik PT Jasa Marga (Persero) Tbk, yaitu Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Seksi E3 dan E2 (Rorotan-Cikunir), Jakarta-Cikampek, Cikampek-Padalarang (Cipularang) dan Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi). 

Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) Regional Division Head Bagus Cahya A.B mengatakan, jadwal uji coba yang mencakup perjalanan dari Jakarta menuju Bandung ini akan dilaksanakan mulai pukul 05.00 WIB. 

Kendaraan pengangkut rel tersebut adalah kendaraan Multi-Axle Trailer 32 Axle yang dikawal oleh 4 kendaraan lainnya, terdiri mobil storing, mobil kawalan dengan rotator, prime mover dan mobil patwal. 

Baca Juga: Cari dana, Hutama Karya siap tawarkan jalan tol Trans Sumatra ke LPI

“Rombongan kendaraan pengangkut rel kereta cepat yang tidak diisi muatan ini akan memulai perjalanan dari Dermaga 114/115 Pelabuhan Tanjung Priok dan masuk melalui Gerbang Tol (GT) Semper 2 Jalan Tol Akses Tanjung Priok,” ujar Bagus seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Minggu (14/3/2021). 

Ia menyebutkan, angkutan tersebut kemudian akan melanjutkan perjalanan ke Jalan Tol JORR Seksi E3 & E2 (Rorotan s.d Cikunir), Jalan Tol Jakarta-Cikampek dengan melintasi Simpang Susun Cikunir hingga menuju Jalan Tol Cipularang. 

Baca Juga: Jasa Marga catat 153 ribu kendaraan meninggalkan Jabotabek, Rabu (10/3)

Setelah itu, kendaraan terus melanjutkan perjalanan menuju Jalan Tol Padaleunyi. Di Jalan Tol Padaleunyi, kata Bagus, kendaraan akan putar balik di GT Cileunyi untuk masuk ke Jalan Tol Padaleunyi arah Jakarta dan akan berhenti di akses masuk Km 150+200 Tegaluar. 

“Total waktu yang dibutuhkan oleh rombongan kendaraan pengangkut rel kereta cepat yang tidak diisi muatan ini berdasarkan simulasi kecepatan rata-rata adalah sekitar 7,42 jam, perkiraan tiba di lokasi tujuan sekitar pukul 12.30 WIB,” jelas Bagus. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KABARMAGAZINE Store.





Source link